Rabu, 31 Oktober 2007

J-Movie Review: Lovely Complex

J-Movie Review: Lovely Complex
Lovely Complex (2006, J Storm K.K Productions)
Genre : Drama, Comedy, Romance
Starring: Koike Teppei,
Fujisawa Ema, Nami Tamaki, Tanihara Shosuke,  etc.
Director: Daisuke Tengan
Writer : Hiroyuki Tanaka
Music : Yuki Okazaki
Rating : PG-13
Runtime : approx. 120 minutes
When a tall girl falls for a short boy…
Risa Koizumi, tinggi 170 cm. Atsushi Otani, tinggi 159 cm. Kedua murid SMU ini memiliki trauma yang sama semasa SMP dahulu, ditolak cintanya oleh orang yang mereka sukai dikarenakan masalah tinggi badan mereka. Risa ditolak karena tingginya melebihi rata-rata pria di kelasnya, sedangkan Otani ditolak karena lebih pendek dari cewek yang disukainya. Patah hati, keduanya pun masing-masing bersumpah untuk tak mengulangi kesalahannya tersebut. Di SMU, keduanya kini adalah teman sekelas, namun mereka seringkali terlibat adu mulut, saling olok dan saling hina. Sampai teman-temannya menjuluki mereka sebagai 'All Hanshin-Kyoujin' (comedic duo), yaitu nama grup komedian terkenal di Jepang yang anggotanya seorang tinggi, seorang lagi pendek. Parahnya lagi selain tempat duduk mereka yang berdampingan, secara sepihak wali kelasnya Keichi Usui yg sering berganti wig, menunjuk mereka sebagai pasangan ketua kelas dan wakilnya.
Sehari-harinya sepulang sekolah mereka pun selalu berkumpul bersama-sama dengan pasangan Ryoji Suzuki - Chiharu Tanaka dan Heikichi Nakano - Nobuko Asahara. Karena hanya Risa dan Otani yg belum berpasangan dalam ' genk' mereka, maka kawan-kawannya pun berusaha menjodohkan mereka berdua. Hal itu pun dengan serempak mereka tolak mentah-mentah. Namun anehnya ternyata Risa dan Otani memiliki minat dan hobby yang sama. Sampai mereka menyadari bahwa keduanya merupakan fans berat dari penyanyi Omibouzu, penyanyi yg bahkan tak dikenal oleh teman lainnya. Mereka pun mulai bersahabat lebih akrab walaupun tetap sering beradu mulut. Karena kebaikan sikap Otani, maka lama kelamaan Risa pun mulai menaruh hati padanya. Tapi secara mengejutkan tiba-tiba muncul Mayu Kanzaki, mantan kekasih Otani waktu SMP yang sangat manis parasnya. Walaupun masih trauma dengan kejadian semasa SMP, dengan dukungan kawan-kawannya Risa pun memberanikan diri untuk mengutarakan cintanya pada Otani. Nah apakah Otani si jago basket yg insensitif itu akan menerimanya? Bagaimana pula kisah hubungan mereka berikutnya?
 
Lovely Complex = Love Comedy
Satu lagi sebuah feature film yang diangkat dari manga. Animenya pun telah disiarkan berseri di TV Jepang. Dan menurutku ini adalah salah satu film adaptasi manga yang terbaik. Memang dari segi cerita mau tak mau harus mengalami pemampatan untuk menjadi film berdurasi 2 jam, sehingga sedikit mengalami perubahan dan dalam beberapa adegan sempat mengurangi kelucuannya. Ada beberapa tokoh pendukung utama yang tak dimunculkan di versi film ini. Pertama adalah Seishiro Kotobuki, seorang adik kelas berwajah manis yang mengagumi dan menyukai Otani, namun anehnya dia sendiri adalah seorang pria yang sehari-harinya suka memakai seragam perempuan. Hampir seluruh orang mengiranya seorang perempuan karena dia pun mengaku bernama Seiko. Dia bahkan sempet mencium Otani, yang di kemudian hari membuat Otani sampai muntah-muntah setelah menyadarinya. Yang kedua adalah Fukagawa Haruka, teman masa kecil sekaligus pengagum Risa yang bertubuh tinggi. Haruka merasa Otani sebagai rivalnya dan selalu berusaha menjelek-jelekkannya. Sedangkan tokoh wali kelas aslinya bernama Nakano disini entah kenapa diganti menjadi Keichi.
Dari segi casting menurut saya sudah cukup pas, bahkan banyak cast yang lebih manis dari anime/ manganya. Di versi anime tinggi Otani cuma 156 cm, namun mungkin karena kesulitan casting di sini tingginya diganti 159 cm. Kemudian dari special efek yang digunakan juga benar-benar mendukung cerita dan menambah kelucuannya, terutama adegan saat Risa mulai merasakan cinta sehingga Otani selalu nampak bersinar dihadapannya. Musiknya juga sangat mendukung untuk membangun emosi penontonnya. Kalau kekurangannya selain cerita yang kurang panjang, adalah endingnya yang kurang dramatis. Terlebih lagi pula untuk adegan kissing di akhir yang terasa kurang romantis. Memang dari beberapa film Jepang yang pernah kulihat selalu saja di adegan kissing ini dimana para aktor dan aktris Jepang kurang mampu untuk menampilkannya dengan meyakinkan. Namun kekurangan tersebut bisa termaafkan dengan keseluruhan film yang mampu mengocok perut anda. Bagi penggemar drama komedi romantis, jangan sampai anda lewatkan film yang satu ini. Saksikan dan bersiaplah untuk tertawa sampai ngakak (atau paling tidak, ngikik!). Have fun!
Stars: 4 of 5

Have A NIME Time!
Agung
Terakhir nonton film: Nodame Cantabile Dorama ep.11 (manga adaptation yg lucu jg, recomended!)
Pengen nonton film: Gedo Senki: Tales of the EarthSea (akhirnya dapet juga DIVXnya dr 'sumberku')

Tidak ada komentar: